Tips & Trik

Peralatan Hand Tools Ini Wajib Dimiliki Pengendara

Hand tools adalah alat bantu kerja untuk memperbaiki kendaraan dan bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan tenaga manusia dimana pun dan kapan pun. 

Sebelum berkendara, Anda harus menyiapkan segala kebutuhan, seperti peralatan untuk memperbaiki kendaraan apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Hand tools merupakan salah satu peralatan yang bisa Anda bawa ketika berkendara, karena memiliki ukuran  yang cukup kecil.

Hand tools sendiri dibagi dalam beberapa jenis yang menyesuaikan dengan kegunaanya. Akan tetapi, sebelum berbicara mengenai jenis-jenisnya, ada baiknya Anda harus tahu dulu apa itu peralatan hand tools. Berikut adalah pengertian hand tools  yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Hand Tools

Hand tools adalah alat bantu kerja untuk memperbaiki kendaraan dan bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan tenaga manusia. Selain itu, ada juga yang mengartikan hand tools sebagai alat bantu untuk service kendaraan.

Tidak hanya berguna sebagai alat bantu service, alat ini juga digunakan sebagai alat bantu pembongkaran sekaligus pemasangan alat-alat mesin. Menggunakan alat sejenis ini maka Anda dapat memperoleh banyak keuntungan.

Pertama, selain lebih praktis juga lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan reparasi kendaraan. Kedua, alat ini selalu dapat digunakan karena tidak memerlukan komponen mekanik dengan kegunaan yang rumit.

Ketiga, alat ini mempunyai banyak manfaat serta tidak memerlukan banyak tempat sehingga mudah dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain. Apalagi alat ini sangat ringan dengan ukuran yang ringkas dan minimalis.

Jenis-Jenis Hand Tools

Terdapat beragam jenis alat bantu kerja yang termasuk dalam kategori hand tools. Beberapa jenis alat hand tools ini merupakan alat yang sering dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan dan memiliki fungsional yang simpel. Berikut adalah beberapa jenis hand tools dan kegunaanya.

  1. Kunci

Tool yang satu ini juga kerap disebut sebagai wrench. Alat ini dibutuhkan ketika Anda akan melepas baut oli saat proses penggantian oli kendaraan. Ada banyak sekali jenis wrench dalam dunia otomotif, seperti contohnya kunci pas.

  • Kunci Pas

Kunci pas adalah kunci dengan bentuk segi enam namun tidak penuh dengan desain yang pas dengan ukuran baut. Kunci jenis ini cocok digunakan untuk melepas baut dengan sela yang sempit.

  • Kunci Ring

Kunci ring sendiri adalah kunci yang memiliki bentuk segi 12 dengan bentuk melingkar. Kunci ring sangat cocok digunakan untuk melepas baut keras dan rapat karena bentuk melingkar pada kunci dapat melingkari baut dengan sempurna.

  • Kunci T

Seperti namanya kunci ini memiliki bentuk persis huruf T yang ujung bawahnya berbentuk tabung. Kunci T digunakan untuk melepas baut yang terletak di dalam lubang.

  • Kunci Inggris

Jenis yang terakhir adalah kunci Inggris. Jenis kunci ini bisa dibilang adalah yang paling populer karena hampir bisa digunakan pada semua jenis baut segi enam.

Jenis-jenis kunci di atas mungkin sudah Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kunci yang mungkin belum pernah Anda ketahui, tetapi memiliki fungsional yang cukup penting.

kunci

  • Kunci Nepel

Kunci nepel berfungsi untuk mengencangkan dan melepas baut yang terdapat pada sambungan pipa. Jenis sambungan pipa yang bautnya dapat dilepas atau dikencangkan dengan kunci nepel adalah pipa rem

  • Kunci Busi

Kunci busi merupakan alat bantu kendaraan yang digunakan untuk mencegah porselin pada busi pecah. Selain itu kunci busi dapat mempermudah proses pemasangan dan pelepasan pada busi.

  • Kunci Roda

Kunci jenis ini dapat Anda manfaatkan untuk membantu melepas dan memasang kembali baut pada roda kendaraan. Umumnya kunci roda mempunyai 3 sampai 4 ujung socket berbentuk tabung dengan ukuran yang berbeda-beda.

  • Kunci L

Kunci L biasanya disebut juga dengan kunci Allen. Kunci L mempunyai bentuk seperti huruf L dapat digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut dengan bantuan kepala kunci L yang memiliki bentuk segi empat, segi enam dan lain sebagainya.

  1. Tang

Tang merupakan alat yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari memotong, mencengkeram hingga menjepit. Sama halnya dengan kunci, tang juga mempunyai beragam jenis.

  • Tang Potong

Tang potong memiliki bentuk yang mirip dengan gunting. Tang potong dapat Anda gunakan untuk memotong kabel, logam tipis dan kawat.

  • Tang Lancip

Tang lancip ini berbentuk seperti gunting dengan ujung lancip. Tang jenis ini digunakan untuk menjepit komponen yang mempunyai pegangan kecil.

  • Tang Kombinasi

Tang kombinasi merupakan jenis tang yang paling banyak digunakan secara perorangan maupun di bengkel dan reparasi. Tang kombinasi memiliki dua fungsi sekaligus yaitu dapat digunakan untuk menjepit dan untuk memotong.

  1. Obeng

Peralatan hand tools yang ketiga adalah obeng. Obeng banyak digunakan untuk memasang dan melepas sekrup. Bentuk ujung obeng yang lancip juga bisa dimanfaatkan untuk melepas atau mencongkel rem jenis tromol.

Dalam hal variasi, perkakas ini lebih simpel karena hanya memiliki dua jenis obeng. Pertama obeng (+) dan jenis kedua adalah obeng (-). Kedua jenis obeng ini dapat dibedakan dari ujungnya. Selain kedua jenis obeng di  atas, ada jenis obeng baru yang memiliki bentuk Torx/bintang dan hexagonal.

  1. Handle Shock

Hand tools berjenis handle shock merupakan perkakas yang digunakan untuk memasang kunci shock. Handle shock sendiri juga dibagi dalam beberapa macam ukuran dan bentuk.

  • Ratchet Handle

Ratchet handle adalah salah satu jenis handle shock yang digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut.

  • T Handle

Alat ini berguna untuk gagang (alat pegang) shock yang dengan ukuran yang lebih panjang. T Handle ini akan memudahkan pengguna membuka baut yang susah dilepas.

  • Offset Handle

Jenis ini mempunyai ukuran yang lebih panjang lagi dibandingkan dengan T handle. Offset handle digunakan sebagai alat bantu untuk melepas baut berukuran besar seperti baut blok mesin dan roda.

Dua jenis handle shock yang terakhir adalah extension dan Adaptor. Extension dan Adaptor adalah alat sambung digunakan untuk mencapai baut di bagian dalam.

  1. Palu

Peralatan hand tools selanjutnya adalah palu. Fungsi palu beragam mulai dari memukul hingga  melepas komponen yang mudah bengkok. Berikut adalah beberapa jenis palu yang perlu Anda ketahui.

  • Palu Tonde

Jenis ini khusus digunakan untuk memukul benda yang keras seperti paku, baja, besi dan lain sebagainya.

  • Palu Tembaga

Palu jenis ini sangat dibutuhkan untuk memukul benda yang terbuat dari logam keras. Memukul logam keras menggunakan palu tembaga dapat menghindari penyok atau berubahnya bentuk benda.

  • Palu Karet

Palu karet khusus digunakan untuk memukul benda yang memiliki bahan dasar seperti plat. Sehingga benda tidak mengalami kerusakan apabila dipukul menggunakan palu ini. Menggunakan palu plat bisa menghindarkan plat dari goresan-goresan.

  • Palu Godam

Palu ini digunakan untuk memukul benda yang sangat keras. Umumnya palu godam dapat digunakan mulai dari membongkar, memukul, hingga menghancurkan benda.

  • Palu Plastik

Palu jenis ini dapat digunakan untuk memukul benda dengan material yang lunak. Tujuan penggunaan palu plastik agar benda yang dipukul tidak pecah maupun tergores.

  • Palu Terak

Palu terak bermanfaat untuk membersihkan terak yang terdapat pada proses las (pengelasan) serta membersihkan terak ketika akan melakukan penyambungan jalur las yang putus.

Berita Lainnya